Selasa, 20 Oktober 2015

Poster Ilmiah

Poster adalah salah satu media komunikasi visual yang bertujuan untuk menyampaikan pesan baik melalui gambar atau tulisan. Salah satu jenis poster yang sering di buat terutama di kalangan mahasiswa khususnya mahasiswa dalam bidang eksak adalah Poster Ilmiah.  Poster Ilmiah digunakan sebagai media publikasi ilmiah oleh seorang peneliti selain publikasi yang lain seperti jurnal, artikel, buku, dsb. Karena saya lulusan dari Jurusan Kimia FMIPA UNS, maka tidak asing dengan Poster Ilmiah, bahkan udah puluhan poster yang saya buat, karena bakat saya di bidang desain.

Dalam pembuatan poster ilmiah, yang perlu diperhatikan adalah data hasil penelitian, karena itu adalah poin utama dari poster tersebut. Setelah itu perhatikan penempatan data dan gambar, karena itu akan mempengaruhi nilai estetika dari poster ilmiah tersebut. Dan tidak lupa pemilihan warna background dan tulisan, seringkali dalam pembuatan poster tidak memperhatikan hal tersebut, karena pemilihan perpaduan warna yang salah, akan membuat poster sulit dibaca atau tidak enak dilihat.

Pada tahun 2014 kemarin, saya membantu rekan-rekan saya yang lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke-27 di Universitas Diponegoro Semarang, mereka di wajibkan membuat poster ilmiah. Universitas Sebelas Maret (UNS) waktu itu hanya diwakili oleh 2 tim dari Jurusan Kimia FMIPA, kebetulan adik tingkat saya semua, dan saya membantu mereka membuat poster ilmiah tersebut.

Awalnya saya hanya membantu membuatkan poster hanya untuk 1 tim saja, selama 4 hari saya kerjakan poster tersebut, karena harus konsultasi juga dengan dosen. Ketika deadline pengumpulan tiba, tim yang satunya juga minta dibuatin poster, akhirnya saya kerjakan hanya dalam 4 jam.

Berikut hasil desain poster ilmiahnya :


Puji Tuhan kedua poster ilmiah tersebut memenangkan medali emas dan perunggu (kiri : medali emas, kanan : medali perunggu) di PIMNAS tersebut. Jadi poster yang saya kerjakan 4 hari tersebut bisa memenangkan medali emas, sedangkan yang saya kerjakan 4 jam memenangkan medali perunggu. Bersyukur sekali bisa berkarya dan membantu kampus pulang PIMNAS tidak dengan tangan hampa.

Setelah itu Puji Tuhan banyak yang request untuk membuat poster ilmiah, tidak hanya dari UNS saja bahkan dari Bandung juga ada. 
Berikut hasil desain saya :
Dan ada lagi seperti berikut
Poster ini digunakan ketika Chemical Expo LKTIN 2nd 2015 di Universitas medan, dan mendapatkan Juara II.


Konsultasi desain poster ilmiah bisa menghubungi saya di 0852226930010 [WhatsApp ada] atau email jl.satusatunya.no4@gmail.com

GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar